Resep Kue Pukis

Resep Kue Pukis 


Pukis adalah sebuah kue khas Indonesia. Kue ini dibuat dari adonan telur, gula pasir, tepung terigu, ragi dan santan. Adonan itu kemudian dituangkan ke dalam cetakan setengah bulan serta dipanggang di atas api (bukan oven).

Bahan A (biang) :
25 gr terigu segitiga
50 ml air
1 sdt ragi instan

Bahan B:
3 btr telur
200 gr gula pasir (saya 100 gr)
1/2 sdt vanilla
250 gr terigu segitiga
300 ml santan sedang (saya santan instan 200ml, lalu tambah air 100ml)
50 ml minyak goreng (saya pakai 50gr butter, dicairkan)
1/2 sdt garam

Untuk adonan coklat :
1 sdt pasta coklat
1 sdm coklat bubuk

Cara :
- Cairkan butter. Tunggu dingin. Saya pakai blueband cake & cookies
- Campur Bahan A, aduk rata, diamkan 15 menit.
- Di wadah lain, mixer telur, gula pasir dan vanilla hingga mengembang putih berjejak. Saya mixer sekitar 15 menit tergantung mixer masing2. *Harus mengembang berjejak ya supaya ngembang waktu dimasak.
- Masukkan adonan A, aduk rata
- Lalu masukkan tepung terigu bergantian dengan santan yang telah diberi garam. Mixer dengan kecepatan rendah
- Tuangkan butter cair, aduk rata.
- Diamkan selama 1 jam
- Setelah 1 jam, bagi adonan menjadi 2 bagian. Ambil 1/3 adonan untuk diberi pasta coklat.
- Panaskan cetakan kue pukis, tuang adonan 3/4 cetakan. Biarkan hingga terlihat bersarang. Tutup cetakan. Masak hingga matang.

Jika ingin diberi topping (meses/keju) taburi saat kue 1/2 matang

Happy Cooking ♡
Sumber : @fitriamaliak (instagram)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Perkedel Kentang Puyuh

LOW CARB KETO BISCUITS

Steak Burrito Bowls